Pembukaan Jaminan Kesehatan Nabi

Demam BPJS tepatnya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan melanda Indonesia.

Rakyat dari desa sampai kota mengetahui bahwa dengan menjadi peserta mereka terjamin bebas dari biaya berobat sejak Puskesmas sampai Rumah Sakit.

Tapi tahukah Anda bahwa jaminan akan kesehatan sudah menjadi hak manusia sejak Adam as diturunkan dari surga.

Jaminan yang diberikan oleh Allah swt itu tertulis dalam firmanNya dalam al Quran. FirmanNya : “Tuhan yang memelihara langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya, jika kamu adalah orang yang meyakini.” (QS 044:007).

Berbagai ayat-ayat dari Kitab suci memuat perlindunganNya antara lain:

Genesis 2:4-3:21: The Lord God made garments of skin for Adam and his wife and clothed them.  Kemudian Allah membuatkan baju dan memakaikannya kepada Adam dan istrinya.

Eksodus 15: 26: … And He said, “If you will give earnest heed to the voice of the LORD your God, and do what is right in His sight, and give ear to His commandments, and keep all His statutes, I will put none of the diseases on you which I have put on the Egyptians; for I, the LORD, am your healer. ( FirmanNya: Bila kamu mengindahkan suaraKu dan mendengar perintahKu, Tuhanmu, dan melakukan ketentuanNya maka Aku akan membebaskan kamu dari semua penyakit yang kutimpakan kepada bangsa Mesir karena Aku, Tuhanmu adalah Yang Maha Penyembuh.

Psalm 30:2, O LORD my God, I cried to You for help, and You healed me“  Zabur 30:2 Oh Allah, Tuhanku, aku menangis meminta pertolonganmu dan Engkau menyembuhkanku.

Psalm 51: 8 Make me hear sounds of joy and gladness;let the bones you crushed be happy again. Zabur 51: 8 Buatlah aku mendengar suara keriangan dan gembira. Biarlah tulang yang telah engkau patahkan bisa gembira kembali.

Surat Al-Anbiya 83 – 84 dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: “(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang”. Maka Kamipun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah.

Surat al shaad: 41 (Allah berfirman), “Hentakkanlah kakimu; inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum.”

QS Maryam: 25 Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu

Bagi umat muslimin usaha itu tertulis dalam al Quran sebagaimana firmanNya, : “Dan Kami turunkan dari al-Quran suatu yang menjadi obat (penawar) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS al-Isrâ’/17: 82).

Dari al Quran dan al Hadits dapatlah disimpulkan bahwa Jaminan Kesehatan Nabi adalah sistem perlindungan kesehatan yang disampaikan oleh para Nabi dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perlindungan dan keselamatan yang dijanjikanNya.

Bersambung.

Selanjutnya kita bandingkan Jaminan Kesehatan Nabi dengan BPJS.

Recommended Posts
Showing 4 comments
  • Zarin
    Reply

    Bagaimana dengan pengobatan alternatif Dok,..apakah juga termasuk usaha dalam jaminan kesehatan Tuhan?

  • Bahar Azwar
    Reply

    Pengobatan alternatif adalah pengobatan diuar yang dilakukan oleh dokter. Dalam jaminan kesehatan nabi berobat wajib ke ahli yang kompeten yaitu dokter. Jadi pengobatan alternatif tidak termasuk dalam jaminan kesehatan nabi.

  • Jim
    Reply

    It is the best time to make some plans for the longer term and
    it’s time to be happy. I’ve read this put up and if
    I could I want to recommend you some attention-grabbing
    issues or advice. Perhaps you can write next articles regarding this article.

    I want to read even more issues about it!

    • admin
      Reply

      Just wait bro. Well be back soon.

Leave a Comment