Kursus Bahasa Arab dan Baca Al-Qur’an

 

Senopati Center dan AL-EC dengan bangga mempersembahkan Kursus

Membaca Al Qur’an & Kursus Bahasa Arab

Membaca Al-Qur’an adalah suatu kewajiban bagi Umat Muslim. Al Qur’an penuh keajaiban sampai akhir zaman, hal ini banyak dibuktikan secara ilmiah oleh banyak pakar-pakar dari berbagai bidang ilmu di seluruh dunia. Keajaiban Al-Qur’an ini sudah diakui dunia, silahkan browsing sendiri di berbagai search engine bagaimana dunia memandang Al-Quran.

Kenapa Al Qur’an diturunkan dalam Bahasa Arab?

Allah berfirman dalam Surat az-Zuhruf: 1-3 yang berbunyi:

حم (1) وَالْكِتَابِ الْمُبِينِ (2) إِنَّا جَعَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ (3

Artinya: “Haa Miim. Demi Kitab (Al Quran) yang menerangkan. Sesungguhnya Kami menjadikan Al Quran dalam bahasa Arab supaya kamu memahami(nya).”

Al-Qur’an diturunkan melalui Nabi Muhammad S.A.W sebagai petunjuk bagi umat manusia. Bagaikan Permata, manusia dari berbagai disiplin ilmu dan  latar belakangnya akan mendapatkan pedoman kehidupan kesehariannya. Banyak Hikmah mengapa Al-Qur’an menggunakan Bahasa Arab yang salah satunya adalah agar manusia mau berfikir akan kedalaman isinya. Bahasa Arab adalah salah satu bahasa tertua di muka bumi yang memiliki kaidah-kaidah bahasa yang sangat luas arti dan kedalamannya. Terjemahan Al-Qur’an berbeda dari penafsiran Al-Qur’an, karena untuk menjadi penafsir Al-Qur’an memerlukan syarat-syarat khusus yang berlaku. Hal ini menyebabkan pendalaman makna dan arti ayat-ayar dalam Al-Qur’an akan selalu relevan dengan perkembangan zaman.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami telah jadikan Al-Quran dalam bahasa Arab supaya kalian memikirkannya.” (QS. Yusuf [12]: 2)

Menurut Syekh Manna al-Qattan dalam Mahabis fi Ulum Al-Qur’an, syarat utama penafsir Al-Qur’an (mufassir) harus mengetahui kaidah Bahasa Arab dan memahami dasar-dasarnya serta mengetahui rahasia yang terkandung di dalamnya, ilmu yang harus dikuasai meliputi Nahwu, Sharaf, Ilmu Ma’ani, Bayyan, Badi’, juga ilmu Mantik. Tampa mengetahui ilmu-ilmu tersebut bisa dipastikan pemahaman kita akan tidak sempurna. Maka dari itu untuk menjadi mufassir harus menempuh jenjang keilmuan yang berjenjang pula. (https://islami.co/kenapa-al-quran-berbahasa-arab-ini-hikmahnya/). 

وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ (192( نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ (193) عَلَى قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ الْمُنْذِرِينَ (194( بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِينٍ (195(

“Dan sesungguhnya Al-Qur’an ini benar-benar diturunkan oleh Pencipta Semesta Alam,  dia dibawa turun oleh Ar-ruh Al-Amin (Jibril) ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas.” (QS. Asy-Syu’ara [26]: 192-195)

Apakah Al-Qur’an susah di pelajari? Tentu tidak, karena dunia telah mencatat banyak penghafal Al-Qur’an dari usia anak-anak, remaja dan Dewasa. Sesuai dengan seharahnya, Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad S.A.W untuk umat manusia secara bertahap dan dihafalkan, dilatih hafalannya kepada para Sahabat Nabi Muhammad S.A.W dan dituliskan, lalu pada era Khalifah Utsman bin Affan mulai dibuat Kitab. Maka Al-Qur’an diturunkan memang utuk umat manusia karena mudah di pelajari, di hafal dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai umat manusia yang telah menyakini Al-Qur’an sebagai pedoman hidup sudah selayaknya kita mempelajari Bahasa Arab agar lebih dapat memperdalam, menghayati dan melaksanakanya dalam keseharian. Tentunya harus diiringi juga oleh contoh-contoh yang dilakukan Nabi Muhammad S.A.W yang tertuang di dalam hadist-hadist shahih.

Imam Asy-Syafi’i rahimahullah mengatakan,

فعلى كل مسلم أن يتعلم من لسان العرب ما بلغه جهده حتى يشهد به أن لا إله إلا الله وأن محمد عبده ورسوله ويتلوا به كتاب الله …

“Maka wajib atas setiap muslim untuk mempelajari bahasa Arab sekuat kemampuannya. Sehingga dia bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah Ta’ala dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, dan dengannya dia bisa membaca kitabullah … “

Tentunya Bahasa Arab bukan hanya untuk umat muslim saja. Bahasa Arab juga mendominasi sebagai bahasa yang populer di dunia bisnis dan kerja. Berikut bahasa-bahasa yang populer sampai sekarang untuk dipelajari dari hasil survey oleh CBI Education & Skills survey 2012 di Media Kompas , yaitu :

  1. Bahasa Arab
  2. Bahasa Inggris
  3. Bahasa Jerman
  4. Bahasa Perancis
  5. Bahasa Spanyol
  6. Bahasa Polandia
  7. Bahasa Kanton
  8. Bahasa Rusia
  9. Bahasa Jepang
  10. Bahasa Portugis

Masih ragu belajar Bahasa Arab? Senopati Center dan AL-EC (Arab Language Education Center) membuka paket promo pada tahun Ajaran Baru ini.  Lihat Paket Promo kami di bawah ini dan silahkan download :

Kami juga mempersembahkan Paket Khusus, yaitu :

Gratis Belajar Membaca Al-Qur’an bagi para Mualaf