Layanan Dasar – Jaminan Kesehatan Nabi

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ  akhirnya kami kembali dapat melanjutkan tulisan-tulisan terakhir  dari Almarhum DR. Bahar Azwar mengenai Jaminan Kesehatan Nabi. Pada tulisan sebelum nya  di http://sehat-islami.com/2016/11/18/perbandingan/ kita telah membahas perbandingan antara Jaminan Kesehatan Nabi dengan BPJS Kesehatan, kali ini mari kita lihat Layanan Dasar yang di berikan oleh Jaminan Kesehatan Nabi secara lebih mendalam.

  • Shalat

Shalat adalah satu-satunya perintah yang disampaikan-NYA langsung dari singasana-NYA, kepada Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. Untuk itu pula secara khusus Nabi Muhammad صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  dijemput ke dunia oleh Jibril. Firman NYA :

Sesungguhnya AKU ini ALLAH, tiada Tuhan (yang baik) selain AKU, maka sembahlah AKU dan dirikan sholat untuk mengingat AKU. (QS 020:014)

Dalam Jaminan Kesehatan Nabi (Jamkes Nabi), sholat adalah pilar utama perlindungan atas penyakit. Sholat dan puasa, rutin merupakann suruhan-NYA yang disampaikan para Nabi dan Rasul yang terdahulu. Hal ini sesuai dengan publikasi ilmiah yang memperkirakan bahwa aktifitas fisik sudah terprogram dalam genome manusia sejak sepuluhribuan tahun yang lalu.

Secara kasat mata, sholat lima kali sehari tidak dapat disebut sebagai exercise atau latihan fisik. Namun hal ini tidak menjadi halangan karena sholat yang lima kali itu dinilai-NYA sebagai lima puluh pahala. Hadist Bukhari berbunyi:

Maka aku kembali dan ALLAH berkata : Sholat itu lima (waktu) dan dinilai lima puluh (pahalanya) dan perkataan-KU tidak akan berganti”.

Pentingnya aktivitas fisik > 30 menit sehari tercatat dalam kedokteran. Kurang latihan ini menjadi faktor penyebab berbagai penyakit seperti anxiety, penyakit jantung, diabetes, kanker usus, obesitas, osteoporosis, batu ginjal dan sebagainya.

Prosedur bersuci dalam Sholat

Bersuci terdiri dari :

  1. Memotong kumis, mengerat kuku, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan paling lama setelah 40 hari.
  2. Mandi dan memakai wewangian serta menggosok gigi setiap Jumat.
  3. Wudhu, lima kali sehari.

Tubuh memiliki tiga lapis pertahanan, yaitu :

  1. Kulit.
  2. Limfe.
  3. Darah.

Manfaat bersuci adalah pencegahan infeksi pada lapis pertahanan kulit yang terbangun atas tiga tahap.

  1. Tahap pertama yang dilakukann setiap 40 hari, menyucikan sarang zat infeksius disekitar alat tubuh yang tumbuh seperti kuku dan rambut.
  2. Tahap kedua, setiap minggu menyucikan tubuh yang tertutup oleh pakaian
  3. Tahap ketiga, wudhu di tubuh yang berhubungan langsung dengan alam.
  4. Tahap keempat, berkeadaan bila diperlukan.

Sholat membangun pertahanan tubuh diapis kedua, limfe dan dilapis ketiga, darah. Limfe sendiri berasal dari jaringan1 dimana terjadi pemberian makanan oleh arteriole, pembuluh terhalus dari nadi dan pembuangan ampasnya ke venule dari vena. Pertukaran itu dilakukan oleh kapiler. Sisa cairannya disebut limfe dan berjalan diseuruh tubuh. Karena itu setiap organ kecuali otak2 tidak mempunyai limfe.

Berbeda dengan darah pembuluh limfe tidak mempunyai otot hingga tidak bisa mengalirkan limfe. Alirannya searah dilakukan dengan pertolongan otot disekitarnya dari bawah ke atas atau dari hulu ke hilir menuju kelenjar getah bening (KGB), markas regional. Misalnya dari saluran limfe kaki ke KGB lipat paha. Katup yang dimilikinya menahan aliran kembali. Tujuan akhirnya adalah jantung untuk dibuang.

Normal, manusia mempunyai ratusan KGB yang tersebar tanpa disadari diseluruh tubuh dalam beberapa rangkaian yang disebut KGB regional. Rangkaian itu terdapat di ketiak, lipat paha, leher, dada dan perut. KGB menerima limfe dari saluran limfe. Limfe memiliki alat penangkap zat infeksius ataupun penyebab penyakit dari dalam tubuh sendiri seperti kanker. Tangkapan ini akan dibawa KGB untuk dimusnahkan oleh antibodi. Senjata ini bekerja di antigen3 bagian lemah dari zat infeksius dan kanker. Bila gagal mereka akan membesar dan dapat diraba. Jadi setiap pembesaran KGB adalah tanda adanya penyakit yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kontrasi otot sewaktu sholat dan gravitasi mempercepat pengaliran dari regenerasi mereka. Takbir dan bersedekap mengalirkan limfe di lengan ke KGB Axilla. Rukuk mengalirkannya ke KGB leher. Sujud mengalirkan limfe di perut dan dada ke KGB leher. Duduk mengalirkan limfe tungkai ke KGB lipat paha. Salam mengakhiri aliran limfe dengan membuangnya ke vena jugularis.

Perlu dicatat beberapa hal dari gerakan sholat yang salah ini akan menghambat aliran limfe, seperti :

  1. Sujud sepertti unta,
  2. Membentangkan lengan seperti anjing ketika sujud.
  3. Sujud seperti ayam mematuk.
  4. Berpaling ke kiri atau ke kanan seperti burung.

Keempat gerakan ini meniadakan kontraksi otot dan bertentangan dengan gravitasi hingga mengganggu aliran limfe. Gerakan sholat yang benar akan memperlancar aliran darah, membawa zat yang dibutuhkan tubuh dan membuang ampasnya.

  • Makan dan Minum

Obesitas atau kegemukan adalah resiko zaman sekarang. Junk food yang terhidang disetiap simpang jalan atau Online yang memanjakan lidah dan berbagai kemudahaan untuk mendapatkannya menumbuhkanb generasi obesitas. Obesitas adalah faktor penyebab berbagai jenis penyakit dari semua sistem tubuh. Apakah Anda termasuk kau obesitas? Mengujinya mudah, ketika tidur dengan satu bantal tipis, lihatlah ujung jari kaki Anda. Bila terlihat maka Anda bebas dari obesitas dan sebaliknya, jika tidak terlihat maka Anda termasuk kaum obesitas.

Keseriusan ancaman terlihat dari BMI (body mass index-indeks massa tubuh).  Mari kita lihat dari kasus saya sendiri.  Dengan tinggi 169 cm dan berat 85 Kg.  Persilangan garis 1 dan 2, diangka 31 adalah BMI seorang yang Obesitas. Berbagai cara sudah dicoba untuk menurunkan berat, tetapi gagal sampai saya menemukan manna dan salwa. Berbagai jenis makanan yang baik tercatat dalam Al-Quran, namun hanya satu menu pilihan-NYA yaitu manna wa salwa.  FirmanNYA:

Dan Kami telah menaungi kamu dengan awan (dari panas matahari di padang pasir) dan Kami turunkan kepada kamu “Mann” dan “Salwa”, (serta Kami berfirman) : “Makanlah dari makanan-makanan yang baik yang Kami telah kurniakan kepada kamu”. Dan tidaklah merasa menganiaya kami (sebab mereka kufurkan nikmat itu), tetapi sebenarnya mereka adalah menganiaya diri sendiri. (QS 2:57)

Dengan target 70 Kg saya mulai diet Nabi Musa Alayhi s-salām, dengan mengganti manna, buah yang manis dengan pisang dan salwa, burung dengan ayam. 4 potong paha atas /bawah ayam tanpa kulit dan 22 potong pisang memberikan kalori 1581 dan protein 58 gram. Nutrisi itu cukup untuk berat 70 Kg pada tinggi 169 cm. Diet ini berhasil dalam waktu 6 bulan. Perlu dicatat minuman yang diharamkan seperti alkohol sama halnya dengan obesitas juga menyerang semua sistem tubuh seperti pencernaan, kardiovaskular, otot dan rangka, syaraf, otak, ginjal dan sebagainya.

  • Berketurunan

Pengaturan boleh tidaknya suatu perkawinan akan mencegah berbagai penyakit kongenital. Pengaturan waktu perkawinan dan menyusui merupakan tindak pencegahan kanker payudara.

  • Puasa

Puasa dilakukan peserta selama sebulan setiap tahun. Ringkasnya puasa melengkapi dan membantu usaha peserta untuk melindungi tubuhnya. Puasa akan mengurangi penimbunan lemak, meringankan beban berbagai alat vital dan memudahkan regenerasi sel tubuh.

  • Berobat

Gaya hidup islami lengkap dengan berobat. Berobat menjadi wajib karena setiap penyakit ada obatnya kecuali usia tua. Berobat juga wajib ke dokter yang ditangannya terletak penyebab kesembuhan. Tentu saja selain berobat, perlu berdoa dengan syarat-sayarat seperti berikut :

  1. Hendaklah dengan memakai firman ALLAH atau asma-asma atau sifat-sifat-NYA.
  2. Hendaklah dengan memakai bahasa Arab atau bahasa yang diketahui artinya oleh yang berdoa.
  3. hendaklah diyakini bahwa yang benar-benar berpengaruh dan melindungi kia dari kejahatan itu adalah ALLAH dan doa itu hanya merupakan sebab dan perantara belaka sebagaimana sebab-sebab dan alat-alat lainnya, sehingga tak ada bekas dan pengaru pada zat NYA.

Demikianlah Layanan dasar dari Jaminan Kesehatan Nabi (Jamkes-Nabi), pada tulisan berikutnya kami akan menjabarkan tulisan Almarhum DR. Bahar Azwar, yaitu Manfaat Khusus dari Jaminan Kesehatan Nabi. Mohon  maaf apabila ada kesalahan dari penulisan, makna dan lainnya, kebenaran hanya milik ALLAH semata.

والله أعلمُ بالـصـواب

Footnote :

1Jaringan adalah sekelompok sel, inti dari kehidupan·Organ, alat tubuh seperti hati dan lainnya adalah kumpulan dari jaringan·

2Diduga cairan sumsun tulang dapat mengambil alih fungsi limfe·

3Antigen dibedakan atas yang menyerang dari luar seperti zat infeksius dan yang berasal dari dalam tubuh seperti sel kanker atau autoantigen· Autoantigen adalah antigen yang luput dari deteksi limfe kecuali yang mempunyai senjata khusus· Penyakitnya disebut automunne seperti penyakit Crohn, radang usus·