MANFAAT KHUSUS – JAMINAN KESEHATAN NABI BAGIAN KEDUA

ِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

 

Setelah membahas Manfaat khusus dari Jaminan Kesehatan Nabi tentang :

  1. Infeksi, terutama infeksi saluran napas bagian bawah, mencret, AIDS, tuberkulosa dan malaria;
  2. Trauma terutama kecelakaan lalulintas.

Maka pada bagian kedua ini kembali kita lanjutkan manfaat khusus lainnya, yaitu :

3. Kardiovaskuler, terutama jantung dan stroke;
4. Bayi, lahir premature dan kematian perinatal, yang tidak disinggung dalam buku ini karena belum wajib shalat;
5. Kanker,
6. Neuropsikiatari seperti depresi.

  • Kardiovaskuler

Penyakit jantung berad diurutan ke tiga kehilangan tahun-tahun yang dapat dinikmati karena meninggal (YPLLs 14%) dan diurutan keempat karena cacat (DALYs 10%).

Beliau (Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلممُحَمَّد), mengangkat kedua tangannya dengan membuka jari-jarinya lurus keatas (tidak merenggangkannya dan tidak pula menggenggamnya), (Abu Dawud.Ibnu Khuzaiah, Tamam dan Hakim).

Takbir adalah tarik napas untuk memperluas rongga dada yang memuat berbagai alat antara lain jantung dan paru-paru. Paling luar adalah otot Pectoralis major; dibawahnya otot Pectoralis minor. Diantara iga ada 2 lapis otot sela iga (otot intercostales).

Otot Pectoralis major berpangkal (origo) di tulang selangka, dada dan iga berakhir (insersi)  di tulang lengan. Tugasnya menarik lengan ke dada . Otot Pectoralis minor berpangkal (origo) di iga dan berkhir (insersi) di tulang belikat. Tugasnya menstabilkan tulang belikat. Otot sela iga sebelah luar (exsternal) berorigo di iga 2-12. Tugasnya memperbesar sela iga atau menarik nafas. Internal (sebelah dalam)di permukaan bawah setiap iga dan berinsersi di sebelah atas. Tugasnya mempersempit sela iga atau mengeluarkan napas.

Intruksi “. . . dan mengangkatnya sejajar bahu, tetapi terkadang sejajar (daun) telinga” adalah isyarat bagi otot Pectoralis minor untuk menstabilkan tulang belikat (scapula) hingga otot sela iga sebelah luar dapat memperbesar sela iga. Gerakan ini akan membuat diafragma mengecil dan bergerak kebawah. Ujung-ujungnya adalah perluasan rongga dada.  Bila tangan diangkat lebih tinggi, otot Pectoralis major bekerja mengangkat tulang belikat dan tulang selangka hingga otot sela iga sebelah dalam memperkecil sela iga dan rongga dada menjadi sempit.

  • Penyakit Bayi

Bayi berada diurutan ke empat kehilangan tahun -tahun yang dapat dinikmati karena meninggal (YPLLs 14%). Seperti penyebab kematian bayi disebabkan oleh infeksi dan setengah berhubungan dengan kehamilan. Sujud memudahkan persalinan karena melenturkan tulang punggung dan menguatkan otot. Mengangkat panggul dengan menekuk lutut adalah meluruskan tulang punggung daerah lumbal, sehingga setiap ruas tulangmu kembali ketempatnya. Dengan perkataan lain sujud meluruskan cekungan lumbal dan mempersempit rongga perut.

Tugas ini dilakukan oleh otot transversus abdominis yang terletak di bawah dua otot perutnya lainnya hingga merupakan pelindung pertama rongga perut. Ia menutupi bagian depan dan samping perut. Kemaksimalan latihan otot transversus abdominis dikawal oleh tekukan lutut dan tekanan tangan ketanah. Bila tidak dilakukan pelurusan lumbal berlangsung berlebihan.  Otot transversus abdominis sendiri adalah otot yang paling berperan dalam persalinan.

  • Kanker

Walaupun kanker berada dirutan ke lia kehilangan tahun-tahun yang dapat dinikmati karena meninggal (YPLLs 8%) dan cacat (DALYs 5%), ia perlu diperhitungkan karena usia tua penderitanya. Menarik bila disimak bahwa gaya hidup islami sesuai untuk pencegahan kanker. Dilaporkan bahwa 90-95% kanker disebabkan oleh lingkungan dan gaya hidup seperti rokok, makanan, alkohol, gemuk dan tidak pernah berolahraga.

Dalam hal kanker, pembunuhan sel kanker oleh limfe mempunyai peran penting karena setiap saat dalam pembelahan sel pasti muncul sel-sel potensial kanker. Dari semua kanker, Kanker payudara terbanyak dijumpai. Kecuali umur dan gender, pencegahan faktor resiko kanker payudara tertulis dalam Al Qur’an dan hadist. Tiga faktor resiko yang dinyatakandengan tegas adalah makanan, obesitas dan usia kehamilan.

Deteksi dini sangat penting dalam kanker karena ia dapat disembuhkan bila ditemukan dini dan diobati dengan baik. Deteksi dini kanker payudara dan limfoma, kanker kelenjar getah bening terjadi ketika mandi. Mandi adalah peluang untuk melakukan PemerikSaan payudaRA sendiRI (sarari), pendeteksi dini kanker payudara terbanyak dijumpai.

Bagaimana kelanjutannya? Ikuti terus website ini.

Abdullah bin Mas’ud ra berkata:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ، مَنْ عَلِمَ شَيْئًا فَلْيَقُلْ بِهِ، وَمَنْ لَمْ يَعْلَمْ فَلْيَقُلِ اللَّهُ أَعْلَمُ، فَإِنَّ مِنَ العِلْمِ أَنْ يَقُولَ لِمَا لاَ يَعْلَمُ اللَّهُ أَعْلَمُ، قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لِنَبِيِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {قُلْ مَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ وَمَا أَنَا مِنَ المُتَكَلِّفِينَ}

“Wahai sekalian manusia, siapa yang mengetahui tentang sesuatu, sampaikanlah. Dan jika tak tahu, ucapkanlah, ‘Allahu a’lam’ (Allah Mahatahu). Karena, sungguh, termasuk bagian dari ilmu, jika engkau mengucapkan terhadap sesuatu yang tidak kau ketahui dengan ucapan: ‘Allahu a’lam’. Allah berfirman kepada Nabi-Nya: ‘Katakanlah (hai Rasul): ‘Aku tidak meminta upah sedikit pun pada kalian atas dakwahku dan bukanlah Aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan. ” (QS. Shad: 86) (HR. Bukhari)