MANFAAT KHUSUS – JAMINAN KESEHATAN NABI BAGIAN KETIGA

سْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Pada tulisan sebelumnya yaitu Manfaat Khusus-Jaminan Kesehatan Nabi bagian kedua  telah kita ketahui bahwa dari semua kanker, kanker payudara terbanyak yang dijumpai. Kecuali umur dan gender, pencegahan faktor resiko kanker payudra tertulis di dalam Al Qur’an dan hadits. Tiga faktor resiko yang dinyatakan dengan tegas adalah makanan, obesitas dan usia kehamilan.  Deteksi dini sangat penting dalam kanker karena ia dapat disembuhkan bila ditemukan dini dan diobati dengan baik.

Deteksi dini kanker payudara dan limfoma, kanker kelenjar getah bening terjadi ketika mandi. Mandi adalah peluang untuk melakukan pemerikSAan payudaRA sendiRI (sarari), pendeteksi dini kanker6 payudara yang dianjurkan dilakukan setiap bulan. Sarari lebih mudah dilakukan dengan tangan bersabun karena lebih licin. Caranya : Dengan tangan bersabun, dimulai dari kanan, lengan kanan diangkat, payudara kanan diraba dengan tapak ruas akhir dari tiga jari tangan (manis-tengah-telunjuk) kiri, melingkar mulai dari puting sampai tulang selangka sembari menekannya ke dada. Ketiak kanan di raba di puncak ketiak dan di sepanjang bagian belakang otot dada. Cara yang sama dilakukan di sisi lainnya dengan tangan kanan.

Limfoma, kanker kelenjar getah bening (KGB) juga terdeteksi dengan mandi, karena gejala dininya adalah pembesaran KGB. Normal, manusia mempunyai ratusan KGB yang tersebar tanpa disadari diseuruh tubuh dalam beberapa rangkaian yang disebut KGB regional. Rangkaian itu terdapat di ketiak, lipat paha dan leher.

Mandi dapat mendeteksi pembesaran KGB regional di daerah ketiak, leher dan lipat paha. Adanya pembesaran KGB juga dapat disebabkan kanker metastasis. Metastasis adalah penyebab kanker dari suatu organ (alat tubuh) ke organ lainnya. Penyebaran itu umumnya dilakukan melalui limfe ke KGB regional mereka seperti ketiak untuk kanker payudara. Dalam perjalanan itu mereka menaklukan dan menghuni KGB hingga membesar. Karena itu pembesaran KGB juga merupakan metastasis dari kanker. Tidak jarang pembesaran ini terjadi tanpa keluhan dari organ yang bersangkutan. Misalnya pembesaran KGB leher pada kanker nasopharynx yang belum memberikan tanda dan gejala.

Istinsyaq adalah menghirup air dengan lubang hidung, melalui rongga hidung sampai ke tenggorokan bagian hidung (nasofaring). Rasa sakit atau pendarahan sewaktu istinsyaq adalah tanda-tanda kanker nasofaring dan Anda sebaiknya ke dokter untuk pemeriksaan lanjutan.

NEUROPSIKIATRI

Walaupun tidak menjadi penyebab kematian angka kecacatannya tinggi. Dalam Jamkes Nabi, depresi dapat dibedakan atas kewarasannya. Bila tidak waras maka Jamkes Nabi tidak berlaku karena dia tidak bisa Sholat. Sebaliknya bila waras, dia dapat menolong dirinya sendiri dengan meditasi (Sholat).

LUMBAGO

Lumbago atau sciatica atau sciatic neuritis disebabkan oleh syaraf ischiadicus yang berasal dari plexus lumbosacral dari sumsum tulang punggung. Plexus itu adalah suatu anyaman syaraf penggerak (motoric) yang keluar dari suatu lubang (foramen) di tulang punggung, berjajar dari leher sampai kedudukan.

Posisi netral tulang punggung yaitu susunan vertikal sempurna dari semua tulang punggung yang terdiri dari bagian leher (cervical) dengan tujuh tulang; dada (thoracic), 12; pinggang (limbar), 5; kelangkang (sacrum), 5; dan ekor (coccygeal, 4. Selain itu bila dilihat dari akan terlihat cekungan normal yaitu kedalam (lordosis) di leher karena memikul kepala dan pinggang yang memuat usus dan lainnya ; kebelakang (kyphosis) di punggung dan kelangkang.

Tukmaninah adalah meluruskan tulang punggung, kembali ke posisi normal dan istirahat sejenak saat kembali berdiri dan kembali duduk. Rukuk adalah gerakan menekuk dari tulang punggung yang diisi oleh sumsum tulang belakang, penghubung antara otak dan anggota tubuh lainnya.  Yang memainkan peran utama dalam rukuk adalah tulang punggung daerah pinggang (lumbal) yang tidak membuat sumsum tulang belakang bebas bergerak.

Ketika rukuk, tulang punggung didaerah lumbal akan menekuk (fleksi) dan otot lastisimus dorsi akan ikut stretching (meregang). Otot yang menutupi hampir seluruh punggung ini berawal dari seluruh tulang belakang bagian lumbar dan berakhir di lengan atas.

Nyeri punggung diduga disebabkan oleh sprain atau regangan dari sendi. Rukuk akan memperkuat lasitimus dorsi hingga beban tulang punggung berkurang dan nyeri akan hilang. Kerusakan jaringan ikat pelindung badan tulang punggung (corpus vertebrae) membuat isinya menonjol keluar yang disebut hernia nucleus pulposus (HNP) atau urat kejepit.

DETEKTOR PAMUNGKAS

Apabila engkau sujud, tekankanlah wajahmu dan kedua tanganmu ke tanah sehingga setiap ruas tulangmu kembali ketempatnya. HR Ibnu Khuzaimah

Menekan wajah ke tanah adalah memperkaya pendarahan kepala terutama Amygdala yang terletak di lobus temporalis kiri dan kanan. Amygdala adalah bagian dari sistem limbic actor utama dalam kematangan emosi (hasrat yang mendorong diving force untuk melakukan sesuatu untuk memperoleh yang diinginkan baik dengan cara yang baik atau buruk) dan kematangan pengolahan memori (proses penyimpanan dan penggunaan informasi).  Amygdala yang besar memungkinkan pencapaian kematangan emosi dan memori dalam berbagai aspek kehidupan.  Dalam hal penyakit ia mempertajam detector penyakit karena ia juga berfungsi seperti alarm maling. Bagian ini lah yang memutuskan apakah suatu gangguan wajar untuk dibawa kedokter.

Bagi kaum muslimin ia akan berjihad mengerjakan yang diperintahkan-NYA dan meninggalkan larangan-NYA. Kesempurnaan kematangan ini adalah pencapaian makrifat yaitu mengenal ALLAH dan manusia secara keseluruhan.

Firmanﷲ سبحانه وتعالى 

” Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, dan untuk merekalah surga (QS 79:40-41)

PENUTUP

Jaminan Kesehatan Nabi adalah tanda kasih bagi ciptaan-NYA yang sempurna ini. Fasilitas penyesuaian dengan umat terdahulu sudah dianguerahkan-NYA. Buku ajar dan petunjuk telah tersedia. Tinggal pada kita untuk mengamalkannya.

wallahu a’lam bis-shawab

Abdullah bin Mas’ud ra berkata:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ، مَنْ عَلِمَ شَيْئًا فَلْيَقُلْ بِهِ، وَمَنْ لَمْ يَعْلَمْ فَلْيَقُلِ اللَّهُ أَعْلَمُ، فَإِنَّ مِنَ العِلْمِ أَنْ يَقُولَ لِمَا لاَ يَعْلَمُ اللَّهُ أَعْلَمُ، قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لِنَبِيِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {قُلْ مَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ وَمَا أَنَا مِنَ المُتَكَلِّفِينَ}

“Wahai sekalian manusia, siapa yang mengetahui tentang sesuatu, sampaikanlah. Dan jika tak tahu, ucapkanlah, ‘Allahu a’lam’ (Allah Mahatahu). Karena, sungguh, termasuk bagian dari ilmu, jika engkau mengucapkan terhadap sesuatu yang tidak kau ketahui dengan ucapan: ‘Allahu a’lam’. Allah berfirman kepada Nabi-Nya: ‘Katakanlah (hai Rasul): ‘Aku tidak meminta upah sedikit pun pada kalian atas dakwahku dan bukanlah Aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan. ” (QS. Shad: 86) (HR. Bukhari)

Tulisan sebelumnya :

MANFAAT KHUSUS – JAMINAN KESEHATAN NABI BAGIAN KEDUA

Manfaat Khusus – Jaminan Kesehatan Nabi bagian pertama

Footnote :

kanker6  adalah suatu benjolan atau tumor yang ganas dimana sel-selnya tumbuh dengan cepat, tidak beraturan dan memakan jaringan disekitarnya. Bandingkan dengan kuku yang walaupun tumbuh namun teratur dan tidak menembus jari.